Butterfly Still Fly



Tindik, Gaya Gaul Yang Berisiko

Ada yang punya tindik diantara kalian? Atau lagi kepikiran untuk memasang aksesoris tersebut? Tunggu, baca dulu artikel ini sebelum mengambil keputusan. Tindik atau yang dikenal dengan piercing adalah pemasangan aksesoris pada bagian tubuh tertentu dengan cara melubangi dan memasang hiasan dari logam. Dulu tindik merupakan salah satu bagian dari kebudayaan masyarakat/suku tertentu, namun kini digunakan sebagai aksesoris dan menunjukkan identitas diri bagi sebagian masyarakat kita, terutama pada remaja.

Hampir semua bagian tubuh dapat di tindik. Telinga merupakan tempat yang paling umum di tindik. Hampir semua wanita punya sebuah tindikan untuk tempat memasang anting-anting. Tapi banyak juga yang membuat tindikan di telinga lebih dari satu, bahkan juga pada laki-laki. Bagian tubuh lain yang sering ditindik adalah bibir, lidah, hidung, alis, pusar, dan daerah kelamin. Setiap tempat ini memiliki masalah yang berbeda dan lama proses penyembuhan yang berbeda juga. Permasalahan yang muncul juga beragam, salah satunya infeksi. Infeksi pada mulut setelah di tindik dapat menyebabkan kesulitan saat mengunyah dan berbicara. Tindik yang di pasang pada lidah memiliki kemungkinan untuk terlepas dan tertelan saat makan ataupun berbicara. Tindik pada pusar lebih lama memerlukan waktu untuk sembuh karena sering tergesek oleh pakaian. Perhiasan yang terpasang pada alat kelamin dapat melukai kamu dan pasangan saat berhubungan intim, termasuk risiko robeknya kondom.

Jika memang sudah siap dengan semua risiko tersebut, hal berikut yang perlu diperhatikan adalah kesiapan kamu terhadap pandangan masyarakat jika nantinya kamu memakai tindik tersebut. Masyarakat memang sudah lebih terbuka terhadap hal-hal baru, namun masih ada sebagian besar masyarakat kita yang melekatkan stigma negatif pada pemakai piercing, sama seperti pada pemilik tattoo.

Pemilihan bahan logam dan tempat pembuatan tindik juga harus diperhatikan. Pilihlah bahan logam yang tidak menyebabkan alergi, seperti steinless steel bedah, emas 14/18 karat, niobium, titanium, dan sejenisnya. Studio tempat tindik juga harus bersih, tanyakan apakah nanti tindakan akan dilakukan di ruangan khusus dengan tenaga profesional serta sterilitas alat yang terjaga. Ini semua untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi.

oke, semoga semua info ini dapat menjadi bahan pertimbangan buat kamu-kamu yang ingin memasang tindik. jadilah lebih perduli terhadap tubuhmu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: