Butterfly Still Fly



Symposium : update management of STI & HIV/AIDS

Kisara Youth Clinic (KYC) pada hari sabtu, 12 Februari 2011 kemarin melakukan symposium sehari dengan topik penanganan terkini bagi Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV/AIDS. Seminar ini terbuka bagi semua tenaga medis dan mahasiswa kesehatan, baik kedokteran, perawat, maupun bidan. KYC merupakan bagian dari PKBI cabang Bali yang aktif memberikan pelayanan kesehatan keluar termasuk juga berbagi informasi. Ketua panitia, dr. Yanitama Putri, S.ked menyampaikan dalam wawancara terpisah bahwa kegiatan ini didasari oleh kian meningkatnya kasus-kasus IMS dan HIV/AIDS di masyarakat. “Tentunya diperlukan guideline terpadu dan terus update untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal, prima, efektif, dan efisien kepada masyarakat. Karena itulah sasaran dalam seminar kali ini adalah para pemberi pelayanan kesehatan”, ujarnya.

Besarnya respon peserta tidak terlepas dari materi seminar dan pembawa materi itu sendiri. Sejumlah pembicara yang hadir merupakan orang-orang yang telah memiliki nama besar dibidangnya masing-masing. Materi diberikan dalam 2 sesi. Sesi pertama mengangkat topik penanganan terkini IMS dengan pembicara dr. Wirya Duarsa, Sp.KK (K) dan dr. AAGP Wiraguna, Sp.KK (K), dengan dimoderatori oleh dr. Yogi Prasetia. Sesi kedua mengenai kondisi terkini kasus HIV/AIDS dan management terapinya juga berjalan dengan menarik dibawah pengawasan dr. Oka Negara sebagai moderator, dengan pembicara Prof. Dr. dr. Tuty Parwati Merati, Sp.PD-KPTI dan Prof. Dr. dr. Mangku Karmaya, M.Repro, PA(K).

Dr Wiraguna menegaskan bahwa episentrum dalam penularan IMS masih tetap pada WTS. Penyakit ini tidak akan dapat dihentikan jika lokalisasi masih ada. Namun tampaknya semua pihak masih tutup mata terhadap permasalahan ini. Sebagai tenaga medis, yang dapat kita lakukan ialah mengobati pasien dengan tuntas, menjaga kepatuhan pasien dalam minum obat sehingga memperkecil terjadinya resistensi terhadap antibiotik tertentu. Prof. Mangku Karmaya, yang juga merupakan ketua pengurus PKBI Cabang Bali juga mengatakan peningkatan kasus HIV/AIDS dipengaruhi secara signifikan dengan peningkatan jumlah WTS. Beliau juga menyampaikan bahwa sampai akhir 2010, berdasarkan jumlah total kasus HIV/AIDS, Bali menduduki peringkat 5 di Indonesia, tetapi berdasarkan prosentase penduduknya, Bali berada di peringkat kedua. Tentunya ini bukan hasil yang patut dibanggakan.

Peserta tampak sangat aktif baik dalam bertanya maupun berbagi pengalamannya selama ini. Mengingat Bali masih menjadi pilihan tempat berlibur bagi para wisatawan asing, maka seringkali para wisatawan asing tersebut datang ke rumah sakit/klinik sebagai pasien. Tentunya mereka mengharapkan penanganan dengan standar yang sama seperti di negara asalnya. Demikian pula tentang perbedaan waktu minum obat yang akan berubah akibat perbedaan jam antar negara. Saat salah seorang peserta menanyakan tentang permasalahan ini, Prof. Tuty menyampaikan bahwa memang akan ada perubahan jadwal minum obat bagi mereka, terutama bagi pasien yang harus meminum obat secara berkelanjutan berdasarkan waktu kerja obat, seperti ARV (anti retro viral). “Penanganannya akan berbeda antara pasien yang melakukan traveling dari barat ke timur, dan sebaliknya. Untuk menyikapi masalah ini, nantinya FK UNUD bekerjasama dengan SMF Interna RSUP Sanglah akan menyusun guideline “Travel Medicine”, jawab beliau. Salah seorang peserta yang hadir mengaku banyak mendapat informasi terbaru, “mantep simposiumnya, kan sering tuh dapat pasien gitu, sekarang jadi bisa menyamakan obat pilihan pertama dalam nanganin pasien IMS, lumayan nambah ilmu”, ujar salah satu dokter di sebuah rumah sakit swasta.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: